Sorgum

Airnira - Sorgum merupakan tanaman dari keluarga rumput, masih keluarga beras, jagung dan gandum. Biji sorgum memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan karenanya digunakan sebagai pakan pokok oleh lebih dari 500 juta penduduk di bumi. Tetapi sebagian besar produksi sorgum digunakan untuk pakan ternak. Meski demikian, bagi dunia kesehatan, sorgum adalah tanaman yang memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Sorgum adalah tanaman benih yang banyak tumbuh di iklim panas dan kering. Sorgum berasal dari wilayah Sungai Niger di Ethiopia, Afrika. Sekarang kira-kira. 80% dari luas tanam sorgum di Afrika dan Asia.

Secara umum, biji sorgum berukuran 4 x 2,5 x 3,5 mm. Berat biji bervariasi antara 8 mg - 50 mg dengan berat rata-rata 28 mg. Kulit biji berwarna putih, merah atau coklat.


Sargum mengandung banyak protein


Sorgum sebagai bahan makanan yang mengandung nutrisi dasar tidak jauh berbeda dari sereal lainnya, terutama dengan protein lebih tinggi dari jagung dan lebih rendah dari gandum dan udang. Keuntungan dari sorgum adalah mengandung senyawa antioksidan untuk mendukung penyebaran fungsional makanan. Selain itu sifat fisiko-kimia tepung sorgum dapat menggantikan hingga 70% tepung terigu, sehingga memiliki potensi untuk menggantikan gandum sebagai bahan olahan. 


Sorgum


Keuntungan lain dari tanaman sorgum adalah bahwa mereka dapat digunakan sebagai bahan baku untuk industri gula dan bioetanol (sorgum manis). Saat ini, beberapa varietas sorgum telah diproduksi untuk makanan dengan kandungan tanin rendah. Pengembangan budidaya lebih mudah, bisa tumbuh di tanah suboptimal.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter