Siwalan

Airnira - Pohon siwalan atau disebut juga pohon Lontar (Borassus flabellifer) adalah sejenis pohon palem (pinang) yang tumbuh di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Pohon Lontar (Borassus flabellifer) menjadi flora identitas provinsi Sulawesi Selatan. Pohon Siwalan ini banyak digunakan untuk daun, batang, buah untuk bunga, yang dapat disadap untuk diminum langsung sebagai nira (getah), difermentasi untuk aren atau diolah menjadi gula aren (sejenis gula merah).

Pohon Siwalan (Lontar) adalah pohon palem (Palmae dan Arecaceae) yang kuat dan kuat. Kasing tunggal dengan tinggi 15-30 cm dan diameter tutup sekitar. 60 cm. Daun besar berkumpul di ujung tangkai untuk membentuk kanopi bundar. Setiap bilah berbentuk seperti kipas dengan diameter 150 cm. Tangkai daun mencapai panjang 100 cm.

Ciri-ciri siwalan

Pohon siwalan memilik ciri-ciri yang membedakan dengan pohon palem lainnya.

Pohon siwalan


Pohon siwalan dikenal sangat kokoh, kuat, batang tunggal dengan ketinggian 15-30 m dan diameter batang kira-kira. 60 cm. Sendiri atau sebagian besar dalam kelompoknya. Itu salah satu ciri-ciri pohon siwalan.

Daun siwalan


Daun siwalan bentuknya besar, berkumpul di ujung batang, membentuk kanopi bundar. Pisau daun sesuai dengan kipas melingkar, berdiameter 1,5 m, direkatkan ke jari pembagi; dengan lebar daun 5-7 cm lebar, bagian bawah keputihan karena lapisan lilin. Tangkai daun mencapai panjang 1 m dengan pelepah hitam lebar di bagian atas; sisi batang dengan serangkaian duri berakhir menjadi dua.


Siwalan



Bunga siwalan


Karangan bunga siwalan dalam termos, 20-30 cm dengan batang kira-kira. 50 cm.  Tombol dalam bundel, hingga sekitar. 20 butir, bola bundar dengan diameter 7-20 cm, kulit coklat kehitaman dan daging kuning seiring bertambahnya usia. Biji tiga biji dengan cangkang tebal dan keras.



Sumber : Alamendah. org dan wikipedia

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter