Nipah

Airnira - Nipah adalah sejenis palem (palma) yang tumbuh di daerah pasang-surut dekat tepi laut atau lingkungan hutan bakau. Pohon Nipah juga dikenal dengan beberapa nama lain seperti daon, daonan, buyuk  dalam istilah jawa Bali, dan bobo (Menado, Ternate, Tidore), boboro (Halmahera).

Di beberapa negara selain indonesia tumbuhan yang dikenal tumbuh di daerah rawa yang berair payau ini diikenal dengan Attap Palm (Singapura), Nipa Palm atau losa (Filipina), atau umumnya disebut Nypa palm. Nama ilmiahnya adalah Nypa fruticans Wurmb.



Nipah


Nira Nipah


Tandan bunga nipah inilah yang dapat disadap menjadi air nira. Setidaknya empat hingga lima bulan sejak keluarnya bunga nipah, tandan bunga dapat disadap. Seperti Di Kepulauan Meranti sudah dibuktikan bahwa tumbuhan liar yang hidup di rawa ini sangat produktif dan bisa menjadi mata pencaharian. Selain buahnya yang memiliki cita rasa, dari tandan buah nipah bisa menjadi nira yang diolah menjadi sirup dan gula merah.

Pada saat ini pengisian biji sedang aktif, maka bila dilakukan penyadapan pasti akan dapat memperoleh jumlah nira yang maksimal. Struktur buah mirip buah kelapa (eksokarp halus), sabut (mesokarp), tempurung (endokarp keras).

Biji nipah dilindungi oleh cangkang dengan panjang 8-13 cm dan berbentuk kerucut. Dalam tumpukan, buah bisa mencapai antara 30-50 butir yang diikat menjadi satu dan membentuk koleksi buah bulat. Buah matang jatuh ke dalam air dan mengapung setelah pasang atau aliran air sampai terjebak di tempat pertumbuhan. Seringkali, buah berkecambah terbawa arus ke tempat baru.

Ciri-ciri pohon nipah


Jika diringkas dan dijelaskan secar detai pohon nipah nipah memiliki beberoa ciri yang membedakan dengan pohon kelapa.

Batang


Pohon nipah memiliki ciri-ciri batang yang menjalar di tanah dan membentuk rimpang dan terendam lumpur. Berbeda dengan pohon kelapa yang biasa kita kenal. Jika dilihat secara kasat mata pohon nipah tampak seperti tidak memiliki batang karen hanya daun nipah yang muncul di atas tanah.

Akar


ciri akar dari pohon nipah ini merupakan akar serabut lumayan panjang hingga lebih dari 15 meter

Daun


Daun nipah layaknya jenis pohon palem lainnya, rimpang pohon nipah menumbuhkan daun majemuk dengan ketinggian hingga 9 meter dan batang daun berukuran 1 hingga 1,5 meter. Daun pohon nipah muda memiliki ciri-ciri berwarna kuning, sedangkan daun tua berwarna hijau.

bunga


Nipah memiliki bunga majemuk yang muncul dari ketiak daun, dengan bunga jantan tersusun dalam kepanikan dan bunga betina berkumpul di ujungnya membentuk bola. Bundel bunga nipah dapat disadap air getahnya.

buah


Nipah memiliki buah berbentuk bulat telur dan pipih dengan 2 hingga 3 tulang rusuk dan berwarna coklat kemerahan. Panjang buah nipah sekitar 13 cm dengan lebar kira-kira. 11 cm. Nipah secara berkelompok membentuk bola dengan diameter 30 cm. Umumnya dalam tumpukan ada 30 hingga 50 buah nipah. (Dikutip dr beberapa sumber)

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter