Kelapa

Airnira - Kelapa (Cocos nucifera) adalah salah satu anggota keluarga Cocos dari suku Aren-arenan atau Arecaceae. Bahasa lain kelapa coconut dalam bahasa Inggris dapat merujuk pada seluruh pohon kelapa, biji atau buah botani, bukan pohon kacang-kacangan. Istilah ini berasal dari kata-kata Portugis dan Spanyol abad ke-16, coco, yang berarti "kepala" atau "tengkorak" setelah tiga kurva dalam tempurung kelapa yang mirip dengan fitur wajah. Tumbuhan ini digunakan oleh hampir setiap bagian masyarakat, sehingga dianggap sebagai tanaman serba guna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga merupakan nama buah yang diproduksi oleh tanaman ini.

Kelapa dikenal karena berbagai kegunaannya, dari makanan hingga kosmetik. Daging bagian dalam biji matang membentuk bagian yang secara teratur menjadi sumber makanan bagi banyak orang di daerah tropis dan subtropis. Kelapa berbeda dari buah-buahan lain karena endospermaanya mengandung sejumlah besar cairan bening disebut "santan" dalam literatur, dan ketika belum matang, dapat dipanen untuk diminum sebagai "air kelapa", atau juga disebut "kelapa jus ".

Pemanfaatan kelapa


Kelapa adalah pohon beraneka warna untuk orang tropis. Hampir semua bagian dapat digunakan oleh orang. Akar kelapa menginspirasi penemuan teknologi penyangga bangunan Cakar Ayam (digunakan, misalnya, di bandara Soekarno Hatta) oleh Sedijatmo.


Kelapa


Pohon dari batang, yang disebut pohon glugu, digunakan oleh orang-orang sebagai pohon berkualitas sedang dan dapat digunakan sebagai meja untuk rumah.

Daun kelapa


Daun kelapa digunakan sebagai atap rumah setelah dijemur. Daun kelapa muda, disebut janur, digunakan sebagai tikar untuk membuat berlian atau berbagai bentuk hiasan, yang sangat menarik, terutama oleh orang Jawa dan Bali dalam berbagai upacara, dan menjadi bentuk kerajinan independen (seni merangkai bersama). Tangkai daun kering, yang disebut tongkat, disatukan dalam sapu terbang.

Buah kelapa


Buah kelapa adalah nilai yang paling ekonomis. mesocarp dalam bentuk serat kasar diperdagangkan sebagai bahan bakar, pengisi jok, tali pengikat, keset pintu dan media tanam untuk anggrek. Cangkang atau cangkang yang sebenarnya merupakan bagian endocarp, digunakan sebagai bahan bakar, sebagai pengganti kapal, wadah minuman dan berbagai bahan baku untuk kerajinan.

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter