Ads 720 x 90

Apa itu Nira tebu?

Nira tebu adalah cairan manis yang dihasilkan dari pohon batang tebu yang digiling atau diekstraksi. Nira tebu tidak bisa dibiarkan cukup lama karena warna nira tersebut akan menjadi keruh. Biasanya nira tebu menjadi bahan pembuatan gula.

Nira tebu yang diperoleh dari batang tebu yang menggunakan penggilingan mempunyai ciri khas warna tertentu dan memiliki kandungan kadar glukosa yang tinggi. Nira tebu yang telambat dimasak biasanya warnanya akan berubah menjadi keruh kekuningan, baunya menyengat dan rasanya.

Kandungan nira tebu


Nira tebu memiliki beberap kandungan sama seperti tanaman lainnya. Sebagaimana dilansir darsatop.lecture.ub.ac.id Kandungan nira tebu yang paling banyak terdapat pada batang tebu, yakni sebesar 82,5%. Kandungan utama dari nira tebu yaitu sukrosa dimana kandungan tersebut sebanyak 8 – 21 % dari jumlah nira tebu. Sukrosa (gula) merupakan disakarida dengan rumus kimia ( C12H22O11). Sukrosa tidak berikatan dengan senyawa lain (bentuknya bebas) di dalam tanaman terutama terdapat pada tanaman tebu (Saccharum officinarum) dan bit (Beta vulgaris), (Paryanto dkk,  1999).

Secara singkat kandungan nira tebu sebagai berikut 

  • Sukrosa
  • Octacosanol
  • Saccharant
  • Asam lemak

Kandungan nira pada setiap tebu berbeda-beda, hal ini di sebabkan salah satunya karena kesuburan tanah dimana mempengaruhi pertumbuhan tanaman tebu sehingga mempengaruhi kandungan sukrosa pada tebu. Reece (2003), menyatakan bahwa komposisi nira tebu tidak akan selalu sama, bergantung pada jenis tebu, kondisi geografis, tingkat kematangan serta cara penanganan selama penebangan dan pengangkutan.

Nira tebu untuk gula merah


Proses pembuatan gula merah tebu meliputi pemerahan, pemurnian nira, pemasakan, dan pencetakan. Batang tebu yang sudah dibersihkan dari daun kering diperah dengan menggunakan mesin giling. Setelah diperah akan menghasilkan ampas tebu (bagas) dan nira tebu. Untuk menghemat dan menjaga pencemaran lingkungan sebaiknya bagas dijemur untuk dijadikam sebagai bahan bakar pemasakan nira.

Nira tebu perlu disaring dan dibersihkan sebab seringkali nira tersebut terdapat kotoran padat. Nira yang bersih lalu dimasak dalam 5 wajan yang berderet hingga mendidih. Nira tebu pada wajan pertama dicampur air kapur sekitar 0,02 persen (sampai pH 7) sebagai penjernih nira.

Manfaat penambahan air kapur adalah untuk mengikat kotoran yang masih menempel di nira. Setelah penambahan air kapur, nira tebu tadi akan muncul gumpalan kotoran. Gumpalan kotoran bisa diambil menggunakan serok penyaring atau sejenisnya. Selanjutnya, nira dimasak dengan diaduk hingga mengental. Nira yang sudah mengental dicetak menggunakan cetakan berbentuk silinder.

Nira tebu untuk gula pasir


Gula pasir salah satunya bahan utama adalah dari nira tebu. Gula putih ini banyak digunakan setiap hari untuk kebutuhan makanan dan minuman. 

Tahapan pembuatan gula pasir

  1. Penggilingan
  2. Pemanasan
  3. Pemurnian
  4. Pemgendapan
  5. Penyaringan
  6. Penguapan
  7. Kristalisasi.


Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter